rajabacklink

Dengan Metode Online Learning di Uhamka, Kuliah Kamu Tetap Berjalan Lancar

8 Jul 2021  |  307x | Ditulis oleh : Admin
Online Learning & Kuliah Online

Saat pandemi Covid-19 datang ke Indonesia dan merubah  semua kegiatan masyarakat, teknologi menjadi salah satu penolong. Bagaimana tidak? Dunia pendidikan kita terganggu oleh adanya virus Covid-19. Semua sekolah dan universitas di Indonesia harus menghentikan sementara belajar dengan cara tatap muka. Karena penularan virus ini akan cepat menyebar jika kita tidak memakai masker dan selalu berkerumun. Itulah sebabnya pemerintah saat ini melarang adanya belajar dan mengajar dengan cara tatap muka di sekolah ataupun universitas.

Online Learning akhirnya menjadi solusi untuk masalah tersebut, jadi walaupun berada dirumah siswa atau mahasiswa dan para pengajar masih bisa menjalankan proses belajar mengajar. Dengan begitu dunia pendidikan kita tidak akan terhenti hanya karena pandemi. Walaupun online learning di Indonesia masih dianggap kurang maksimal, tetapi belajar online seperti ini juga masih menyimpan banyak keunggulan.

Saat ini sudah banyak sekolah atau pun universitas yang sudah menyediakan sarana belajar online atau online learning. Bahkan diantaranya sudah menjadikan online learning sebagai metode pembelajaran baru di universitas atau sekolah tersebut. Saat ini online learning mungkin akan menjadi cara belajar yang akan diterapkan disetiap sekolah maupun universitas.

Kuliah online sudah mulai banyak diterapkan oleh banyak universitas di Indonesia, akibat dari pandemi yang tidak kunjung usai. Adanya pandemi Covid-19  memang sangat merubah wajah dunia terutama dunia pendidikan. Uhamka adalah salah satu universitas yang sudah mulai menerapkan perkuliahan dengan cara online.

Kuliah Online adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan oleh pihak akademi atau universitas. Dengan kegiatan perkuliahan modern berbasis teknologi yang menggunakan gadget seperti mobile (smartphone), tablet dan PC atau laptop via internet sebagai penunjang kegiatannya.

Program Kuliah online pun tentunya akan memanfaatkan akses internet sebagai media perkuliahan yang dipresentasikan dalam bentuk video, audio, tampilan soft copy modul atau materi kuliah yang dibuat oleh pihak akademik.

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah mampu menembus batas dan sekat yang selama ini membatasi ruang gerak manusia dalam beraktifitas. Tidak terkecuali dunia pendidikan yang juga mendapatkan dampak positif dengan berkembangnya teknologi informasi dan adanya metode kuliah online atau kuliah daring.

Sehingga program ini menjadi pilihan hampir seluruh mahasiswa di seluruh dunia khususnya pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Bayangkan jika teknologi saat ini belum berkembang dan tidak ada gadget maupun internet, akan seperti apa nasib anak bangsa yang tidak bisa lagi mengenyam pendidikan.

Baca Juga: