rajatraffic

Gunakan Tube Settler Sarang Tawon Untuk Proses Cepat Pengolahan Air Bersih Pada Lamella Clarifier Anda

16 Mar 2022  |  389x | Ditulis oleh : Admin
Toya Water System

Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa kebutuhan air bersih memang tidak akan pernah berkurang, justru kebutuhan akan air bersih akan terus meningkat karena adanya pertambahan penduduk. Bukan hanya itu, perubahan cuaca terutama saat musim kemarau pun turut berpengaruh terhadap semakin berkurangnya air bersih di indonesia. Untuk itu kita harus benar-benar memanfaatkan sumber air yang ada, termasuk dari aliran sungai yang nantinya bisa diolah menjadi air bersih melalui proses pengendapan atau sedimentasi.

Untuk itu kita juga harus bisa menjaga kebersihan lingkungan, termasuk menjaga kebersihan air sungai agar tidak tercemar terutama oleh limbah cair. Jika memang ada limbah cair yang akan masuk kedalam aliran sungai memang sebaiknya dilakukan proses penyaringan dalam kolam penampungan terlebih dahulu. Sebenarnya proses penyaringan atau pengendapan limbah cair juga sama saja dengan proses sedimentasi pada pengolahan air sungai agar menjadi air bersih.

Proses pengendapan dan sedimentasi memang akan memakan waktu yang cukup lama. Nah, agar proses pengendapan atau sedimentasi tersebut menjadi lebih cepat memang sebaiknya kita menggunakan Tube Settler sarang tawon, karena dengan menggunakan tube settler pada bak penampungan nantinya mempercepat prose pengolahan air bersih tersebut. Tube settler memang komponen penting yang memang harus ada di dalam proses pengolahan air bersih, jika tidak menggunakan settler maka waktu yang dibutuhkan untuk proses pengendapan akan memakan waktu lama.

Belum lagi jika dalam aliran sungai yang airnya akan kita tamping mengandung banyak sampah dan lumpur yang membuat air menjadi lebih kotor . Disinilah pentingnya sebuah kolam atau tangki penampungan dengan desain yang baik, karena kualitas air yang baik adalah air bersih yang bisa untuk dikonsumsi. Banyak sekali pilihan desain kolam atau tangki penampungan pengolahan air yang ada saat ini, namun yang paling sering digunakan dan paling baik dalam proses sedimentasinya adalah desain Lamella Clarifier.

Kenapa harus memilih desain tangki atau kolam penampungan  lamella clarifier? Karena model tangki atau kolam penampungan ini memang sudah sering dipergunakan dalam pembuatan sistem pengolahan air bersih IPA Baja. Dalam Ipa Baja Tube Settler dipakai untuk mempercepat proses pengendapan dari biasanya waktu tinggal sekitar 2 jam dapat diperkecil hingga 45 menit hingga 60 menit saja.

Bentuk struktur Lamella Clarifier ini biasanya memiliki bentuk kotak dan terpisah antara sistem koagulasi flokulasi sedimentasi dan filter pasir nya. Penerapan flow secara laminar dari tube settler PVC ini sangat efektif dalam mempersingkat masa tinggal dalam tangki sedimentasi. Selain bisa mempercepat proses pengolahan air bersih, penggunaan tube settler pada lamella clarifier juga mempunyai kegunaan atau manfaat yang sangat besar.

  • Meminimalisir Kontaminasi Bakteri dan Virus
  • Menjaga Kelestarian Alam
  • Melindungi Ekosistem Lingkungan
  • Menjaga Pola Hidup Sehat
  • Cara Pengelolaan Air Bersih dengan tube Settler clarifier

Pemurnian air dapat dilakukan dengan salah satunya dengan menggunakan cara pengelolaan air bersih. Pengolahan air bersih sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Screening (pembersihan sampah)
  • Koagulasi (pemberian zat kimia)
  • Flokulasi (penggumpalan partikel)
  • Sedimentasi (pengendapan)
  • Filtrasi (penyaringan)

Itulah beberapa manfaat besar dan cara pengelolaan air bersih yang baik jika menggunakan tube settler clarifier, yang tentu saja hasil dari pengolahan air yang baik akan menghasilkan air yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan. Oleh karena itu jika di wilayah anda ada pemanfaatan air sungai untuk dijadikan air bersih, jangan lupa untuk menggunakan Tube Settler Clarifier agar mendapatkan air bersih yang berkualitas.

Baca Juga: